Jum’at

Siapapun pasti tahu hukum ma’fu terhadap orang yang secara tidak segaja tidur dari sebelum waktu shalat datang, sampai menjelang habisnya waktu. Literatur Fiqh lebih terkesan mengalah pada kesalahan yang dilakukan tanpa sengaja.

Baru saja saya menerima toleran hukum fiqh di atas, karena melakukan salah dengan kasus yang sama. Saya tidur waktu shalat Jum’at berlangsung. 

Oke. Saya salah. Wajib istighfar. 

Semenjak saya datang dari berkelana, baru dua kali saya khilangan momentum ibadah di hari mubarakah dalam seminggu. Ya. Pengembaraan saya ternyata hanya memberi akut saja pada penyakit Insomnia. Bukan mendapat solusi untuk segala situasi dan kondisi, justru kumat saya dari segala sisi makin kambuh. 

Gejala susah tidur pada malam hari sebenarnya memberi dua hal penting saya kira.

1. Saya kerepotan beraktivitas di pagi hari. Tidak bisa dipungkiri, bahwa ativitas manusia fitrahnya di lakukan siang hari, jika sebaliknya maka ia melanggar fitrah. Resiko setiap pelanggaran pasti ada, karena begitulah pertauran. Misalnya, masuk angin.

Saya kira bagian pertama ini, sisi negatifnya. 

2. Sisi positif. Ini adalah jawaban kenapa saya memiliki blog, bila ada yang iseng bertanya masalah seputar blog. Tentu saja, di malam hari saya kerap kali diam sendiri, main hp yang tidak jelas kemana juntrungnya. Kan menyalahi kodrat, makanya sendirian, apalagi masih jomblo. Karena itulah saya membuat blog untuk corat-coret tangan pengangguran. 

Kembali, kenapa saya tidak shalat jum’at? Jawabannya tidur. Kenapa tidur?  Karena ngantuk, semalaman tidak tidur, oleh teman-temen pas bangunin, kaki saya tidak di tarik. Kenapa semalam tidak tidur? 

“Duar”. Kaki saya melayang. 

2 comments

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s